Kamis, 15 Desember 2011

Pengenalan RFID bag.2

Kalau juragan dah ngerti dikit tentang bagaimana RFID bekerja, mari kita membangun sebuah aplikasi sederhana yang mencatat kehadiran karyawan ketika dia bekerja. Database menggunakan database sample Northwind.
Berikut screenshotnya.



Ketika seorang karyawan scan kartu absensi yang memiliki tag RFID di dalamnya, aplikasi yang menerima ID dari tag RFID akan menampilkan informasi karyawan. Admin aplikasi dapat menetapkan tag yang tidak terpakai kepada karyawan dengan menggunakan tombol di sebelah kanan aplikasi. Untuk alasan keamanan, aplikasi akan menghapus informasi karyawan setelah tiga detik.




RFID Reader # 1: Parallax's RFID Reader Modul

Dalam contoh ini, kita akan menggunakan menggunakan Parallax's RFID Reader Module

RFID reader ini murah, membaca tag RFID pasif transponder dan menggunakan komunikasi serial untuk mengirim ID tag. Seperti yang dapat Anda lihat pada Gambar, Reader memiliki empat pin di bagian bawah (dari kiri ke kanan):



* VCC - +5V DC power
* ENABLE - Enable (Ground) atau disable (+5V DC) pin
* SOUT - Serial output
* GND - Ground

Jarak baca efektif modul Parallax's Reader RFID adalah 1 ¾ sampai 3 inci (tergantung pada tag yang digunakan). Ketika Modul Reader mendapatkan sebuah tag ID, data dikirim melalui port serial dalam ASCII string 12-byte. LF (Line Feed) berfungsi sebagai byte Mulai dan CR (Carriage Return) berfungsi sebagai byte terakhir. Angka sepuluh byte diantaranya adalah sebagai tag ID.

Untuk dapat menghubungkan Reader ke komputer, kita perlu membuat TTL-ke-RS-232 shifting level sehingga data dapat dibaca melalui port serial. Salah satu cara adalah dengan menghubungkan Reader ke RS-232 DCE AppMod.

Untuk ini kita pakai Javeline Demo Board.



* Hubungkan sumber daya 5V ke konektor daya
* Hubungkan kabel RS-232 serial Anda ke port serial di bagian atas papan.
* Hubungkan modul Reader untuk board menggunakan pin yang ditunjukkan pada diagram.



Pastikan untuk menggunakan kabel serial "straight" untuk menghubungkan board untuk komputer Anda, atau jika tidak Anda tidak akan bisa mendapatkan data dari Reader.

Jika Anda tidak memiliki port serial pada komputer Anda, Anda dapat menggunakan converter USB-Serial untuk mengkonversi konektor USB ke port serial. Anda juga akan memerlukan kabel serial "straight" DB9.

Kemudian mari kita buat aplikasinya menggunakan VB.Net 2005 dan menggunakan database MS SQL Express 2005. Kita pakai cara paling cepat dan mudah yaitu pakai Wizard aja untuk koneksinya dan ngebuat formnya hehehe...

Tambahin field TagID pada table Employee



Tambahkan Connection ke MS SQL Express Database Northwind



Pilih Table dan Fieldnya



Maka akan muncul di Data Source



Lalu drag drop ke form



Jika di Run sebagai berikut :



Jika sudah OK, mari kita tambahkan control-control ke form untuk keperluan administrasi Tag ID



Untuk txtTagID control, set ReadOnly dan Multiline properties menjadi True.

Untuk tambahan, drag Timer control ke dalam form. Control ini untuk memastikan data pegawai yang ditampilkan akan otomatis clear setelah 3 detik.

0 komentar:

Posting Komentar

Featured

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting