Sabtu, 10 Desember 2011

Dunia Belajar Prestashop

PrestaShop adalah salah satu solusi jualan online yang cukup populer di Indonesia. Hal ini karena fitur-fitur PrestaShop yang cukup lengkap, mudah dipahami, sederhana, gampang, siap pakai, bisa di-instal dengan mudah dalam web hosting, dan tentu saja gratis. Posting ini akan mengetengahkan PrestaShop sebagai salah satu solusi jualan online atau web eCommerce yang murah namun memadai bagi kalangan pedagang kebanyakan. Posting ini akan memaparkan kemudahan-kemudahan PrestaShop bagi pelanggan, pemilik toko online, dan juga bagi admin toko online.

PrestaShop menyediakan solusi perangkat lunak bagi sebuah toko online. Ibarat sebuah mobil, perangkat lunak ini adalah mesin-nya mobil tersebut. Selain perangkat lunak, sebuah toko online memerlukan komponen lain berupa nama domain dan web hosting. Solusi gratis yang ditawarkan oleh PrestaShop hanya dalam hal penggunaan perangkat lunak, tidak termasuk sewa domain dan web hosting. Namun untuk skala kecil dan menengah, sewa domain dan hosting saat ini sudah tergolong cukup murah.

Kemudahan PrestaShop bagi Pelanggan

Dalam menilai sebuah situs toko online, yang paling penting pagi pelanggan adalah kemudahan dalam berbelanja secara online. Kemudahan ini adalah faktor utama (selain keamanan) yang membuat orang mau berbelanja secara online. Apalagi bagi masyarakat Indonesia yang belanja online-nya belum membudaya, faktor kemudahan ini tidak boleh diabaikan. Kemudahan ini harus disediakan oleh toko online dalam beberapa hal yaitu:

  • mudahnya sebuah produk ditemukan
  • mudahnya memperoleh informasi detil sebuah produk
  • mudahnya menyelesaikan belanja
  • mudahnya melakukan transaksi

PrestaShop memenuhi semua faktor kemudahan tersebut, dari mulai ‘friendly link’, navigasi situs yang beraneka ragam, halaman detil produk, sampai kemudahan proses checkout.

PrestaShop memiliki fitur ‘friendly link’. Dengan fitur ini, URL atau alamat internet dari sebuah produk bisa dibuat secara eksplisit mencantumkan nama dan kategori produk tersebut, sehingga lebih mudah diingat oleh calon pelanggan karena tersimpan dengan nama yang jelas dalam history browser. Fitur ini pun mendukung SEO, istilah yang menunjukkan kemudahan sebuah produk ditemukan oleh mesin pencari seperti Google dan Bing.


souce code

0 komentar:

Posting Komentar

Featured

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting