Selasa, 29 Maret 2011

Tutorial VOIP


TEKNOLOGI MEMUDAHKAN ! Begitulah yang kita pahami, segala bentuk teknologi menjadikan kita bergerak lebih efektif, efisien dan lebih mudah. Bayangkan zaman dahulu kala, saat telephone belum ada, hanya untuk mendapat kabar dari sanak saudara yang sedang di luar kota kita harus menunggu 1 atau 2 minggu melalui surat yang di antarkan pak pos. Kalo mau lebih cepat kita musti keluarkan biaya lebih mahal, kita bisa belanja huruf melalui telegram.

"Tapi ternyata kita bukanlah orang yang mudah puas, kayanya kalo nggak GRATIS masih rugi rasanya, he3x ... GAWAT!"

Dengan adanya telephone tidak ada lagi menunggu, asalkan kita nggak nunggak bayar, kita tinggal pencet nomor telephone yang di tuju, langsung deh "HALO, APA KABAR? SALAM SUPER! " , teknologi terus berkembang, dan sekarang sudah zamannya telephone genggam atau telephone nggak bisa diem atau mobile phone, dan terus berkembang-terus berkembang. Nah walau itu sudah jauh-jauh lebih efektif,efisien dan murah kalo dihitung secara keseluruhan dibandingkan dengan berkirim surat atau telegram, tapi ternyata kita bukanlah orang yang mudah puas, kayanya kalo nggak GRATIS masih rugi rasanya, he3x ... GAWAT.

"Apakah anda tidak menginginkan penghematan? apakah anda akan membiarkan biaya ini akan terus membengkak, padahal SOLUSI sudah ada didepan mata anda ?"

Pertanyaan ini saya tujukan untuk anda yang memiliki perusahaan atau bekerja di perusahaan yang memiliki kantor pusat dan kantor cabang yang terpisah jarak antara 1-100km, berapa biaya telephone per bulan yang anda atau perusahaan anda keluarkan untuk menghubungi kantor cabang? Hmmm ... pasti besar sekali dan kalau biaya itu dikumpulkan selama 1 tahun mungkin perusahaan anda bisa membeli 1 unit mobil Kijang Innova atau lebih mungkin. Nah pertanyaannya apakah anda tidak menginginkan efisiensi ? apakah anda tidak menginginkan penghematan? apakah anda akan membiarkan biaya ini akan terus membengkak, padahal SOLUSI sudah ada didepan mata anda ? Jawabannya : TENTU TIDAK ! Sekarang bagaimana caranya ?

Model-1

Inilah solusi yang paling cocok untuk kebutuhan anda, dengan MODEL 1 (Lihat Gambar), anda mendapatkan kondisi komunikasi sebagai berikut :

  1. A bisa menghubungi B Gratis dengan mendial nomor extentions yang dialokasikan untuk B misal 109
  2. B juga bisa menghubungi langsung extensions di A GRATIS
  3. A dan B walau terpisah jarak 1-100km serasa ada dalam 1 kantor, hanya tinggal mendial extensions maka KRIIIIIIIIING ! Kantor Pusat / Cabang anda sudah bisa dihubungi

Perangkat apa saja yang dibutuhkan ? Apabila diasumsikan ada 4 Extensions yang akan di forward dari A ke B ?

Untuk mewujudkan MODEL 1 perangkat apa saja kah yang dibutuhkan ?


A. Perangkat Wireless

  1. Radio Wireless / Access Point (2 unit)
  2. Jumper Cable NM to NM (2 unit)
  3. Lightning Arrester / Anti Petir Antenna (2 unit)
  4. LAN Surge Arrester (2-4 unit)
  5. Antenna Grid (2 unit)
  6. Tower Triangle / Tiang untuk memenuhi kondisi Line of Sight (LOS) (2 unit)

B. Perangkat VOIP

  1. VOIP Gateway 4 FXO (Support SIP/H.323) 1 unit
  2. VOIP Gateway 4 FXS (Support SIP/H.323) 1 unit

Model-2

Nah MODEL 2 (Lihat Gambar), ini diperuntukkan kalo hanya kantor pusat anda saja yang memiliki line telephone dari Telkom (PSTN) sementara kantor cabang anda belum terbangun jaringan telephone di sana karena alasan daerah terpencil dan baru direncanakan 2040 daerah tersebut dapat jaringan telephone ... He3x LEBAY ... nah dari pada kantor cabang anda terisolasi, dan sementara ini komunikasi hanya dilakukan lewat media supranatural, telepati dan semacamnya, lebih baik dari sekian banyak line telephone di kantor pusat sisihkanlah 1 atau 2 line untuk kantor cabang anda, dan manfaat yang bisa anda hasilkan adalah sebagai berikut :

  1. B bisa bertelephone menggunakan pulsa telephone A
  2. A bisa bertelephone dengan B menggunakan pulsanya sendiri
  3. A dan B bisa bertelephone ke luar juga

Perangkat yang dibutuhkan untuk implementasi MODEL 2 sama seperti perangkat yang dibutuhkan MODEL 1. Nah bila anda masih bingung dengan implementasi VOIP ini anda bisa hubungi team support kami, jangan ragu-ragu dan jangan malu-malu, kami siap membantu memberikan solusi terbaik dan efektif bagi anda.

Salam
AksanRaharjo
"Jika Wireless Sudah Menjadi Kebutuhan"


0 komentar:

Posting Komentar

Featured

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting